RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP MODEL CONNECTED (keterhubungan)
Nama Sekolah :
Bidang Studi : IPA
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 2 x 35
A. Standar kompetensi :Memahami pentingnya penghematan energi
B. Kompetensi dasar :
- Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
- Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik / alarm / model lampu lalu lintas / kapal terbang / mobil-mobilan / model penerangan rumah)
C. Tahap Perencanaan
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menyebutkan sumber energi.
- Siswa dapat menyebutkan cara-cara menghemat energi.
- Siswa dapat mengklarifikasi kreatif dalam penggunaan energi.
2. Rancangan Kegiatan
- Guru menyuruh siswa menyebutkan sumber-sumber energi.
- Guru menyuruh siswa menyebutkan cara-cara menghemat energi
- Guru menyuruh siswa mengklarifikasi kreatif dalam penggunaan energi.
3. Bagan Keterhubungan
- Hemat energi
- Kreatif menggunakan energy
D. Pokok Bahasan :
- Energi
Bentuk-bentuk energi :
Energi ada berbagai macam.Makanan yang dimakan memiliki energi kimia.Batu baterai mempunyai energi kimia, tetapi lampu senter menyala karena adanya energi listrik. Selain energi kimia dan energi listrik masih ada banyak jenis energi lainnya, antara lain energi bunyi, energi kalor, energi cahaya, energi pegas, energi nuklir, dan energi mekanik. Berikut ini akan kita pelajari bentuk-bentuk energi tersebut.
- Energi Kimia
- Energi listrik
- Energi bunyi
- Energi kalor (panas)
- Energi cahaya
- Energi pegas
- Energi nuklir
- Energi mekanik
- Hemat Energi
- Kreatif Menggunakan Energi.
ª Menggunakan energi seperlunya
ª Menggunakan lampu dengan daya rendah sesuai dengan kebutuhan
ª Tidak terlalu sering menghidupkan dan mematikan alat listrik dengan daya tinggi, misalnya setrika.
ª Tidak lupa mematikan lampu pada saat bangun pagi.
E. Metode dan Model Pembelajaran :
- Pendekatan : CTL
- Metode :Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, dan Penugasan.
- Model : model CONNECTED (keterhubungan)
F. Sumber belajar :Buku SAINS SD Relevan Kelas VI
G. Tahap Pelaksanaan.
1. Pengelolaan kelas.- Siswa dibagi menjadi 3 (tiga kelompok)
- Kelompok pertama membahas tentang sumber energi dan kelompok kedua membahas tentang menghemat energi
- Kelompok ketiga membahas tentang / mengklarifikasi seberapa kretif manusia dalam menggunakan energi
- Siswa dapat menyebutkan kegiatansehari-hari sesuai dengan penjelasan guru dan siswa dapat mengenali manfaat kegiatan tersebut.
- Siswa menyebutkan dampak yang terjadi akibat dari pemborosan energi.
- Siswa dapat menjelaskan kreatif dalam penggunaan energi.
H. Tahap Kulminasi.
- Evaluasi Proses
Ranah Kognitif
No.
|
Nama Siswa
|
Indikator
|
|||||||||||
Menilai keaktifan siswa selama proses pembelajaran
|
Ketep ketepatan mencontohkan/menjeniskan |
Ketepatan menjawab pertanyaan
|
|||||||||||
BS
|
B
|
C
|
K
|
BS
|
B
|
C
|
K
|
BS
|
B
|
C
|
K
|
||
Ranah Psikomotor
No.
|
Nama Siswa
|
Indikator
|
|||||||||||
Kesungguhan dalam mengikuti pelajaran
|
Sikap saat mendengarkan penjelasan
|
Sikap saat berdiskusi
|
|||||||||||
BS
|
B
|
C
|
K
|
BS
|
B
|
C
|
K
|
BS
|
B
|
C
|
K
|
||
B : Baik k : Kurang
2. Evaluasi hasil
Soal:
1 Coba sebutkan sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggal mu!
2 Sebutkan cara-cara menghemat energi?
3 Sebutkan dan jelaskanlah seberapa kreatif manusia dalam menggunakan energi dalam kegiatan sehari-hari!
Penilaian
No Soal
|
Skor
|
1
|
25
|
2
|
25
|
3
|
50
|
Total skor
|
100
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Nama anggota :
Kelompok :
Diskusikan dengan teman kelompok!
kelompok 1- sebutkan sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggal mu!
- Sebutkan cara-cara menghemat energi?
- jelaskanlah seberapa kreatif manusia dalam menggunakan energi dalam kegiatan sehari-hari!
Mengetahui :Kepala Sekolah ( ) | pontianak ,4 july 2013 ( ) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar